Indonesia Computer Solution

Computer Technical For Non Computer Technician

Share on :

Ciee....cie.... Judul artikelnya beraaaaat banget, seberat besi 10 ton... :p

Sengaja ah malem-malem gini nulis artikel rada berat, maklum tadi siang sempet terbawa suasana meeting di kantor tentang pengenalan Geothermal Operation for Non Geothermal Operator. Nah, kenapa ngga sekalian Aby nulis artikel yang judulnya Computer Technical for non Computer Technician.

Nulis artikel ini sebenernya hanya untuk para operator komputer yang males nyari teknisi atau juga untuk owner warnet yang pengen sekalian belajar ngoprek komputer warnetnya atau untuk orang yang baru ngenal komputer atau untuk para pelajar yang baru belajar komputer atau...(udah ah, banyak banget atau-nya, pokoknya intinya Aby pengen sharing ajalah.... :D )

Sebelom Aby bahas lebih jauh tentang teknik komputer, sebaiknya kita klasifikasikan aja yach beberapa masalah yang sering muncul di dunia komputer antara lain SERANGAN VIRUS....

Waaah, makhluk satu ini emang kerjaan-nya selalu aja bikin ulah, mulai dari menduplikasi data sampai membuat komputer blank yang pasti bikin kepala awut-awutan, belum lagi data yang terhapus merupakan data yang sangat penting sehingga mau tidak mau harus di selamatkan dan tidak boleh terhapus. Menginstall program AntiVirus pun percuma, saat komputer terinfeksi virus, maka semua port dan jalur akses yang berhubungan dengan komputer tersebut pastinya akan ikut terinfeksi juga... :x

Sebagai contoh gini, komputer kita terbagi dari dua partisi hardisk, yaitu partisi C dan partisi D. Dimana partisi C kita pakai sebagai system operasi dan partisi D kita pakai sebagai penyimpanan data-data, musik, film dan lain-lain.

Suatu ketika entah darimana asalnya, tiba-tiba tuiiing.... komputer kita nge-blank, perasaan bingung dan aneh karena tiba-tiba nge-blank padahal kita ngga ngapa-ngapain tadinya :o. Karena penasaran biasanya kita langsung restart komputer dan memulai aktivitas tadi dengan harapan gejala nge-blank tadi hanyalah intermezzo atau selingan :p

Dari mulai muncul tulisan welcome pada start up kita udah nungguin supaya komputer nge-blank lagi tapi kok ngga muncul-muncul lagi ya... Kita tunggu 5 menit lagi sambil mulai ngoprek-ngoprek program AntiVirus dan Anti Malware yang konon katanya ampuh untuk membasmi jenis Virus apa aja, tapi tetep aja gejala itu ngga muncul lagi. Akhirnya kita lanjutin lagi dech aktivitas kita yang tadi tertunda karena "nge-blank" tersebut karena kita yakin gejala tadi hanyalah "selingan" dalam dunia komputer.

Baru setengah jam kita ngetik, tiba-tiba muncul warning bederet..ret...ret... Yang menandakan bahwa di komputer kita ada virusnya. Tanpa ragu-ragu lagi, langsung kita tekan "disinfected all" atau "clean all" supaya virusnya hilang tanpa menghilangkan file yang terinfeksi tersebut. Tak mau tanggung-tanggung, biasanya kita langsung melakukan scan to all drive supaya virus yang ngumpet juga bisa langsung di basmi tanpa ampun... :o

Setelah nunggu lumayan lama (proses ini biasanya memakan waktu lumayan lama, tergantung dari kapasitas hardisk dan procie komputer kita, semakin besar hardisk kita yach semakin lama :P ). Akhirnya pembasmian virus ini selesai juga dan biasanya langsung dilakukan restart ulang setelah proses scanning selesai

Ya udah, kita restart lagi komputer kita... Lagian kita rasa virus itu udah ilang kok karena tadi sudah di scan dengan AntiVirus update tercanggih... :D. Kita mulai lagi aktivitas kita yang tertunda lama karena sibuk scan virus tadi. Tapi kok peringatan masih ada virus masih tetap muncul yach, padahal kita udah ngabisin waktu setengah jam lebih plus kopi satu gelas dan rokok hanya buat nunggu proses scanning selesai, tapi hasilnya sia-sia.... :@.

Satu-satunya cara yaitu di install ulang komputernya biar bablas semua virus nya (virus sama file-file yang lain juga pastinya :( ).

Tapi ntar mas brow gan....Sebetulnya ada cara simple kok gimana kita bisa membasmi virus tersebut tanpa harus menginstall ulang semua systemnya. Tapi pertama-tama yach keadaan komputer memang harus bersih total dulu baru bisa.... hehehe...

Maksudnya cara ini buat antisipasi kalo-kalo nanti'nya komputer kita bermasalah seperti ini lagi karena gangguan virus, walaupun udah acak kadut juga masih tetep bisa dibersihin tanpa harus di install ulang lagi. Lagian untuk memulai sesuatu itu jangan langsung dari pertengahan tapi harus dari awalnya, jadi kita udah antisipasi bilamana ada permasalahan seperti ini. Nah yang mau belajar nge-install ulang, baca-baca lagi artikel Aby yang Cara Install Ulang Komputer.

Okay, kita anggap kita bekerja di komputer yang tidak terkena virus. Pertama yang harus kita punya adalah program rescue CD. Program ini sangat berguna banget-banget untuk membasmi virus dan malware dalam komputer tanpa harus melakukan peng-installan program tersebut pada komputer.

Program ini banyak banget macamnya, mulai dari KAV Rescue CD sampai ESET pun mengeluarkan software dalam bentuk rescue CD dengan tujuan sama. Kalo Aby sendiri sih make nya KAV Rescue CD, selain interface nya mudah program ini juga ngga ngabisin banyak space. Owh iya, untuk downloadnya bisa langsung aja kesini.

Setelah di download, burning program tersebut pada CD. Terserah ente mau menggunakan program burning apa aja bebas, mau Nero, Ultra Iso, Power Iso, ImageBurn atau lainnya terserah. Yang harus dipastikan adalah ente harus memilih burn image untuk membuat bootable disk.

Kalo udah di burning, restart komputer ente dan rubah settingan booting-nya dengan menggunakan CD-ROM untuk booting, agar saat pertama kali booting komputer akan langsung membaca CD untuk first boot-nya.

Kalau proses downlod dan burning berjalan sempurna, pasti ente akan langsung masuk ke dalam menu KAV Rescue CD. Tampilannya sepintas mirip windows XP jadi tidak terlalu menyulitkan.

Klik tombol play, lalu pilih Rescue Disk kemudian tunggu beberapa saat sampai program menampilkan drive mana saja yang harus di bersihkan. Klik drive yang mau ente bersihkan, kemudian klik scan dan tunggu dech... Kalo komputer ente banyak virusnya, pasti warning yang muncul juga banyak. Saran Aby, mendingan ente langsung babat aja program yang udah terinfeksi virus, karena percuma kalo hanya di clean nantinya bikin kerjaan dua kali. Program ini relatif aman kok untuk data-data dan dokumen yang terinfeksi, biasanya kalau virusnya menginfeksi data-data berupa dokumen, program ini menyarankan untuk disinfeksi saja tanpa menghapus file yang terinfeksi.

Kalo udah beres scanning nya (ini baru beneran scanning :D ), restart komputer ente. Nah ente liat deh komputer ente sekarang. Kalo banyak program yang error (khususnya system), berarti virus yang tadi udah akut banget sampe-sampe nyebar ke system, solusinya ya di repair ulang lagi operating system-nya

Tapi kalo cuman program-program pendukung yang error, ente tinggal uninstall program pendukung itu trus install lagi programnya.

Gimana.... gampang khan mengenal teknik komputer tanpa harus jadi teknisi komputer..

Artikel Terkait:

0 komentar on Computer Technical For Non Computer Technician :

Post a Comment and Don't Spam!